Mohon Perhatian !

Mohon maaf jika kenyamanan anda terganggu...dalam menikmati konten yang ada..karena blog masih dalam maintenance....selamat menikmati

Selasa, 05 Mei 2009

Tips meraih cinta : MENJAGA KESOPANAN

Sikap sopan akan menjadikan pelakunya di hormati dan dihargai, hati mencintainya, dan mata menyeganinya. Sikap sopan merupakan titik pertemuan seleuruh jalan menuju hati, karena ia mengandung semua akhlak mulia, budi pekerti baik dan sikap ksatria. Dalam pepatah dikatakan, “orang yang menjada kesopanan pasti dimuliakan, sekalipun tak berpunya, ibarat singa yang ditakuti, sekalipun diam. Adapun orang yang tidak menjaga kesopanan, pasti direndahkan, sekalipun kaya raya, ibarat anjing yang dinistakan, sekalipun dikalungi dengan kalung emas.

Sufyan bin ‘Uyainah pernah ditanya, “Engkau telah mengambil kesimpulan tentang berbagai persoalan dari Alqur’an, lantas di manakah pembahasan tentang kesopanan dalam Al Qur’an? Ia Menjawab, dalam mfirman Allah surat al A’rof ayat 177 :
“Jadilah Engkau Pema'af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (Al a’rof (7) : 199)
Ayat ini menjelaskan kepada kita supaya memiliki kesopanan, budi pekerti yang baikm dan akhlak mulia. Dalam firman-Nya, “Khudzil ‘afwa”, terkandung perintah untuk menjalin hubungn dengan orang-orang yang memutuskan silaturahim, memaafkan orang-orang yng bersalah, sikap lembut kepada orang-orang yang beriman, dan berbagai akhlak lainnya. Dalam ayat tersebut juga menjelaskan tentang perintah untuk amar ma’ruf nahi munkar, terkandung dalam perintah Allah untuk menjalin silaturahim dan bertakwa kepada Allah dalam persoalan halal dan haram, menundukkan pandangan, dan persiapan menghadapi kehidupan di negeri abadi. Dalam firman Allah “Wa a’ridh ‘anil jahilin, terkandung anjuran untuk menyandang sifat lapang dada, berpaling dari pelaku kedholiman, tidak melayani atau mengikuti tindakan orang-orang bodoh, serta berbagai akhlak terpuji dan perilaku mulia lainnya.
Indah sekali syair Al-Barudi berikut ini :
Sungguh senang hatiku kepada akhlak muia
Seperti senangnya musafir saat kembali dan berjumpa keluarga
Bergetar hatiku mengingat sopan santun dan sifat terpuji
Seperti bergetarnya hati seorang perindu.
Sungguh mulia sikap sopan dan santun, apabila sikap ini kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, niscaya Allah akan memberikan kemuliaan dalam diri kita, dan semoga kita termasuk kedalam oran gyang mendapatkan cinta dan kemuliaan dari Allah SWT. Amin
Sumber :Abu ‘Abdillah Faishol Al – Hasyidi, Tips Meraih cinta,(wacana ilmiah press, solo; 2006)

0 komentar:

Posting Komentar

write your comment here

Popular Posts

SETUJUKAH ANDA JIKA IBUKOTA DIPINDAH DARI KOTA JAKARTA

PESAN TIKET HOTEL

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites